RSS

Arsip Bulanan: Juli 2015

Kasus Elektro : Flowchart Sistem Pendeteksi Ketinggian Air (Flood Detector)

  Bagan alir (flowchart) adalah bagan (chart) yang menunjukan hasil (flow) didalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi

 Flowcart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelsaian suatu masalah. Flowcart merupakan cara penyajian dari suatu algoritma

       Dalam Perkembangan Teknologi pada era globalisasi pada saat ini, membuat terdapat banyak perkembangan dan perubahan inovasi yang sangat pesat. Semakin banyak problematika kasus di lingkungan masyarakat membuat manusia berpikir untuk membuat suatu teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan, misalkan contoh satu kasus menentukan debit air pada air sungai yang meluap karena banjir pada bendungan, dahulu dalam penentuan debit air tersebut tidak adanya suatu detector otomatis layaknya suatu suara peringatan dan masih menggunakan cara konvesional, tetapi pada era saat ini sudah terdapat teknologi baru dalam mendeteksi ketinggian debit air sehingga dalam penanganannya pun kita bisa lebih siap dan mudah sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

Dalam ulasan deskripsi diatas, maka dari itu dalam penulisan kali ini saya akan menulis suatu bagan flowchart sistem pengendali ketinggian air tersebut (Flood Detector).

Picture2

Picture3

        Dalam flowchart diatas prinsipnya, saat air masuk kedalam bendungan dan air mencapai ketinggian tertentu maka akan mengaktifkan sensornya, ketika air mencapai sensor 1 maka akan mengeluarkan output indikator LED hijau yang menyala, Jika kemudian air mencapai ketinggian selanjutnya dan mencapai sensor 2 maka output indikator LED hijau dan kuning yang menyala. Apabila air menyurut dan mencapai sensor 1 lagi, maka indikator LED hijau yang hanya menyala. Berikut juga sama prinsipnya untuk Sensor 3. Jika ketinggian air mencapai sensor 3 maka semua LED indikator akan menyala.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Juli 2015 inci Uncategorized