RSS

Arsip Bulanan: Desember 2013

Kreativitas dan Perkembangan IPTEK dalam Penanggulangan Sampah

Topik : IPTEK & Lingkungan

    Dalam Era Globalisasi ini, perkembangan akan teknologi dan informasi berkembang secara pesat. Namun dibalik adanya perkembangan itu, berdampak adanya kebutuhan manusia yang lebih besar. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut Manusia lebih banyak mengeksploitasi lingkungan, sehingga lingkungan tidak stabil dan menimbulkan pengaruh yang sampai saat ini belum teratasi, Peralatan atau barang adalah salah satu kebutuhan manusia untuk memenuhi kehidupan. Namun disaat benda itu tidak dapat diperlukan ataupun rusak, maka benda itu akan menjadi sampah. Semakin sampah menumpuk maka tanah di bumi akan rusak dan tidak subur lagi, sehingga tidak dapat ditanami tumbuh – tumbuhan, tanah yang gundul akan menyebabkan banyak masalah lingkungan seperti Global warming, longsor, banjir dll.

Dengan adanya hal ini, manusia lebih banyak berfikir dan mencari solusi dalam menangani hal ini, terlebih manusia juga  harus dihadapkan dengan problematika lingkungan lainnya akibat dari eksploitasi lingkungan yang dilakukan dan kelangkaan barang. Contohnya barang dari alam; minyak bumi atau bensin.

Dihadapkan dengan ancaman kelangkaan tersebut dan kerusakan lingkungan, manusia meminimalisir dampak tersebut dengan salah satu contohnya dengan tindakan mengubah Sampah plastik menjadi bensin. Yang mana bisa dikembangkan untuk mengatasi kedua problem itu, antara kelangkaan barang dari alam dan penanggulangan sampah.

     Karena manusia tidak ingin dampak ini terus berlangsung, maka dari itulah, Terjadilah suatu kreativitas akan perkembangan IPTEK, manusia membuat suatu alat yang bermanfaat untuk masyarakat luas. Seperti halnya dalam video di bawah ini menayangkan tentang perkembangan IPTEK dalam penanggulangan sampah plastik menjadi bensin, dalam video dilihat bahwa terlihat minyak bensin hasil dari sampah plastik kualitasnya hampir mendekati bensin premium, namun minyak bensin dari sampah plastik masih kurang angka oktannya dengan bensin premium.

Walau masih terdapat kekurangan dan meski ada yang harus diperbaiki namun hal ini harus perlu diapresiasi dan dikembangkan lagi  di masa depan.

Untuk melihat proses pengubahan sampah plastik menjadi bensin, lihat cuplikan video :

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 11 Desember 2013 inci Uncategorized

 

Potret Penduduk Dan Kemiskinan

Tema : Penduduk Indonesia

Menurut ensiklopedi wikipedia;Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan”

   Kemiskinan adalah suatu kondisi dimana seseorang kekurangan hal yang biasa dimiliki, Di Indonesia ini masalah kemiskinan tidak ada habisnya, bahkan angka kemiskinan terus meningkat tiap tahunnya.

    Dipelosok daerah yang terpencil, masih terdapat angka kemiskinan yang cukup tinggi, salah satu faktor penyebab kemiskinan ini antara lain seperti produktivitas, dan kekurangan lahan pekerjaan di suatu daerah yang memaksa mereka untuk bertahan hidup.

Rendahnya pendidikan dan pengetahuan juga memicu adanya kemiskinan, seperti halnya kalah bersaing dan rendahnya tingkat ekonomi dan sosial memaksa untuk berusaha keras memenuhi kebutuhan utama mereka, banyak orang yang tak mampu menghadapi kemiskinan,  akibatnya terjadilah keterbelakangan mental (depresi) dan tak sedikit memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Dengan kurangnya lahan pekerjaan yang ada, tak sedikit banyak orang memilih suatu pekerjaan di suatu daerah yang menjadi suatu aspek pekerjaan utama dan penghasilan utama warga. Seperti halnya dalam video dibawah ini menjelaskan tentang potret kemiskinan yang membuat mereka terpaksa memilih menggantungkan hidupnya sebagai penambang batu cadas, walau pekerjaan seperti itu membahayakan nyawa dan penuh resiko tapi warga masih tekun tuk bekerja, karena pekerjaan seperti itulah yang cukup untuk menghidupi ratusan warga di desa itu.

Berikut adalah sebagian kecil potret kemiskinan, lihat cuplikan video di bawah ini

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 11 Desember 2013 inci Uncategorized